Maret 3, 2010

Recovery Padang Paska Gempa

Posted in Uncategorized pada 9:58 am oleh lazuardibirru

Oleh ;  Walikota Padang, Drs. H Fauzi Bahar, MSi serta

Ketua Umum LSM Lazuardi Birru, Nugroho Wahyujatmiko, S.H.,S.Sos.,M.M.

Bencana alam gempa bumi di Kota Padang dengan kekuatan 7,6 skala richter pada hari rabu tanggal 30 September 2009 pukul 17.16 WIB telah mengakibatkan runtuhnya ratusan bangunan sekolah dan rumah ibadah.

Setelah 1 (satu) minggu melakukan evakuasi dan penyelamatan korban, maka saat ini kami mulai memasuki tahapan rekonstruksi atau membangun kembali gedung-gedung sekolah dan rumah ibadah.

Kami berupaya membangkitkan kembali semangat Warga Kota, nelayan-nelayan kembali melaut, petani kembali ke sawah dan kebunnya, para pedagang kembali ke pasar untuk memulai aktivitas ekonomi.

Bapak Walikota Padang yaitu, Drs. H Fauzi Bahar, MSi dan Ketua Umum Lazuardi Birru Nugroho Wahyujatmiko, S.H.,S.Sos.,M.M. Berkesempatan bertemu dan berbincang secara langsung di station televisi Jak-tv dalam acara Talk-show yang bertema Recovery Padang Paska Gempa di Sumatra Barat. Acara yang di pandu langsung oleh Presenter sekaligus penyiar radio, Kemal dan Ade Herlina dalam dialog yang berdurasi 60 menit tersebut membahas semua hal yang berhubungan erat mengenai paska gempa bumi di Padang, Sumatera Barat.

Melalui Lazuardi Birru khususnya Fauzi Bahar menyampaikan kondisi serta harapannya untuk dapat memberikan peran serta, masyarakat umum seluruh Indonesia agar tetap peduli dan menyadari bahwa pendidikan bagi generasi muda sangatlah penting, untuk itulah Fauzi Bahar menjelaskan mengenai program kerja yang akan di buat demi membangun kebangkitan kota Padang sebagai Kota Pendidikan.

Gempa yang  telah menghancurkan 95% bangunan sekolah dan rumah ibadah, Walikota Padang Fauzi Bahar  membuat rancangan pendidikan bagi kota Padang Dengan menyebutkan program kerja ini sebagai Program Solidaritas Cinta Padang. Fauzi Bahar sangat bersemangat untuk membangun kembali kota padang khususnya rekonstruksi dan modernisasi. Untuk itu Fauzi Bahar membuka secara umum bantuan bagi masyarakat luas seluruh Indonesia bahkan mancanegara untuk dapat memberi peran sertanya bagi kota padang  khususnya dalam membangun kembali pendidikan di Kota Padang.

Bagaimanakah program atau konsep yang diberikan walikota padang bagi pendidikan kota Padang?

Sebuah konsep pendirian kelas bagi sekolah-sekolah rusak parah, sebagaimana yang kita tau bahwa kelas yang menjadi sarana belajar mengajar di sekolah sangatlah penting bagi anak-anak yang 99% melakukan kegiatannya di kelas.

Dengan konsep yang cukup kreatif dan inovatif selaku Walikota Padang, Fauzi Bahar membuat konsep bagi orang-orang sukses agar dapat menyumbangkan sekaligus mengabdikan diri mereka sebagai seseorang yang sangat peduli bagi kelangsungan pendidikan di Indonesia.

Dari data yang sudah kami terima, ujar Bapak Walikota Fauzi Bahar, untuk sarana dan prasarana pendidikan yang rusak kami membutuhkan uluran tangan dari 673 Donatur untuk membangun kembali 673 ruangan lokal/kelas yang rusak, dengan biaya untuk 1 (satu) ruangan kelas/lokal sebagai berikut :

  1. Ruangan              : 5 M x 15 M = 75 M x                                                                      = Rp. 150.000.000,-

Kelas/Lokal         @ Rp.2.000.000,-

  1. Kursi&Meja        : 40 set x @ Rp. 5.00.000,-                                             = Rp.    20.000.000,-

Biaya 1 Ruangan Kelas/Lokal = Rp. 170.000.000,-

Semua itu dengan keistimewaan bahwa setiap kelas yang kita sumbangkan tersebut baik atas nama perorangan ataupun nama organisasi, dapat diabadikan dengan menamakan setiap kelas yang anda sumbangkan sebagai kelas sesuai dengan nama yang diinginkan.

Sebagai contoh Lazuardi Birru manyumbangkan 1 kelas untuk satu sekolah yang rusak parah akibat gempa yang berlokasi di satu desa yang berada di Padang.

Sehingga pada saat kelas tersebut telah dapat beroperasi kembali sebagaimana mestinya, sebutan bagi kelas tersebut secara otomatis menjadi kelas yang bernama kelasa Lazuardi Birru. Semua itu berjalan selama sekolah itu berdiri tegak, demi kelangsungan belajar anak-anak generasi muda Indonesia.

Begitu besar harapan kami untuk terus bersemangat membangun  Kota Padang sebagai Kota Pendidikan yang terus menyumbangkan anak bangsanya dalam membangun Negara Indonesia sebagai Negara yang berbudi luhur dan masyur sebagai bangsa yang kaya dan dapat terus di hargai oleh Negara lain.

Harapan tulus kami lontarkan agar segala sesuatu yang menjadi dampak positif bagi kebangkitan khususnya kota Padang adalah kebaikan bagi semua rakyat Indonesia.

Semua partisipasi seluruh rakyat Indonesia sangatlah diharapkan, untuk itu kerja sama dan sumbangsihnya dapat dikirimkan kepada kami melalui Nomor Rekening Bank-Bank berikut ini :

  1. Bank BCA Nomor Rekening                                         :                                               1630388399
  2. Bank OCBC NISP Nomor Rekening                            :                                               34081002142-8
  3. Bank Mandiri Nomor Rekening                                  :                                               111.0005513748
  4. Bank Nagari BPD Sumbar Nomor Rekening           :                                               1001.02.10.12194.5

Keempat nomor rekening tersebut, atas nama                  :                                               Gempa Padang

Informasi bantuan tersebut dapat dikomunikasikan melalui nomor telepon +628126630000

Semangat untuk bangkit kembali Kota Padang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: