Februari 25, 2010

GENERASI MUDA DAN GERAKAN TERORISME Apa dan Mengapa?

Posted in Uncategorized pada 4:58 am oleh lazuardibirru

mau kasih sedikit ulasan tentang kegiataan Lazuardibirru…

GENERASI MUDA DAN GERAKAN TERORISME
Apa dan Mengapa?

Acara ini berdasarkan kepada Aksi kekerasan masih terus berlangsung di hampir diseluruh wilayah Indonesia. Dalam satu dasawarsa terakhir ini, bentuk kekerasan yang paling mengemuka di Indonesia adalah kekerasan terorisme yang dilakukan oleh fundamentalis Islam dalam konteks global Islam vs Barat. Meski semua pemuka agama mengatakan bahwa setiap ajaran agama menolak dan melarang kekerasan, kenyataannya aksi-aksi kekerasan ini masih terus berlangsung.

Korban kekerasan aksi terorisme ini dikalangan sipil cukup banyak. Bahkan sebagian besar korban dialami oleh individu atau kelompok masyarakat yang awam terhadap masalah yang menjadi sumber konfliknya. Selain itu, pelaku kekerasan yang terungkap, misalnya dalam berbagai kasus bom bunuh diri adalah orang-orang berusia muda yang masih buta terhadap konstelasi konflik dan merupakan generasi penerus bangsa. Apa dan bagaimana para pemuda ini bisa menjadi pelaku terorisme hingga mengorbankan dirinya, sampai kini masih terus menjadi pertanyaan.

Untuk itu perlu adanya gerakan pemahaman budaya damai dan menolak segala tindak kekerasan dalam berbagai bentuk, dengan memelopori forum-forum dialog interaktif, agar para usia muda dapat terhindar dari paham terorisme ini.

Diskusi OI-Lazuardi Birru ini dimaksudkan untuk mendengar pendapat para pakar dan mendengar orang muda bicara tentang generasi muda dan gerakan terorisme yang akhir-akhir ini marak terjadi.

Diskusi yang diikuti oleh peserta jamboree nasional Oi dan berbagai undangan sekitar 3500 audience bersifat diskusi interaktif, agar pesan yang disampaikan dapat dicerna dengan baik oleh para audiens. Diskusi interaktif yang bertemakan tentang Generasi Muda dan Gerakan Terorisme

yang diikuti oleh peserta Jambore Oi dan menghadirkan para pakar di bidangnya yaitu :
1. Adang Darajatun – Mantan Wakapolri
2. Jumhur Hidayat – Tokoh Pemuda
3. Ferry Julianto – Tokoh Pemuda
4. Surya Dharma – Mantan Densus 88
5. Arsyad Mbai – Kepala DKPT Menkopolhukam
6. Tika Bisono – Psikolog
7. Al Haidar – Pengamat Terorisme

Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah :
1. Memberikan ruang bagi generasi muda khususnya peserta Jambore Nasional Oi untuk menyuarakan pandangan tentang peran generasi muda dan fundamentalisme.

2. Memberikan kesempatan kepada para pakar ( pembicara ) untuk berbagi dan memberi informasi dan untuk mengajak masyarakat khususnya generasi muda mengenali dirinya dan tanda-tanda yang mengarah pada ajakan-ajakan kekerasan.

3. Mendapatkan publikasi seluas mungkin sebagai upaya untuk meminimalisir dan mencegah generasi muda terlibat dalam tindakan-tindakan fundamental yang mengancam kehidupan orang lain yang tak bersalah.

Setiap acara pasti mempunyai target, dan target dari acara ini adalah Mendorong terwujudnya kampanye nasional Lazuardi Birru “Membangun Budaya Damai, menolak Fundamentalisme” dan meminimalisir korban dan pelaku tindakan kekerasan akibat terorisme.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: